Minggu, 29 September 2013

Edisi KP di PT. Indonesia Power UBP Kamojang part 4

Kamojang, 15 September 2013

Nggk afdol kalo kita nggk kasih tau nih kebiasaaan apa aja sih yang kita lakuan setiap hari di kantor,
yaa biasanya pada umumnya yaa kita bangun pagi tuh sekitar jam 5an, kalo malemnya begadang yaa 
biasanya kita bangun yaa sekitar jam 7an, nah kita bertiga tuh sudah kedapatan tugas masing2, si Dimas Arlingga ini kedapatan tugas buat nyuci semua equipment yang ada di dapur, nah kalo si Betet a.k.a Ammar ini kedapatan tugas untuk membeli kebutuhan hidup kita selama di Kamojang ini. Biasa sebelum kita ngantor yaa biasa lah kita fullin tank kita dulu, nggk langsung brangkat nih fren, yaa sambil makanannya sampe di lambung kita sambil nonton gosip dulu di trans7, apa sih namanya kalo nggk salah selebrita pagi deh. Nah saking seriusnya nonton gosip nggk sadar deh jam udah menunjukan pukul 8.15, emang nggk ada otak yaa kita semua, akhirnya tanpa banyak basa basi kita semua langsung ngacir gtiu aja ke IP, emang dah kelakuan anak2 suka gak ada otak .. 

Terus sesampenya di pintu gerbang yaa kita nglakukan hal seperti biasa absen dulu dan mengisi buku daftar hadir di pos satpam kita semua langsung ke ruang santai di sebelah ruang humas, emang disitu tuh tempat buat anak2 PKL pada ngerjain laporan. nah abis istirahat langsung deh ke lapangan buat ambil2 data yang diperlukan untuk melengkapi data2 yang dibutuhkan dalam menyelesaikan laporan KP. Namun, gak segampang yang kalian kira loooh, nggk semua data2 dapat diminta di ruang kontrol, ada beberapa data yang memang harus turun ke local (equipment nya) untuk mendapatkan data tersebut. Contohnya pada saat kita mengambil data flow di primary & secondary cooling water pada unit 1&2. Yaa memang kita harus melihat dan mengukur langsung flow yang ada disana, nggk segampang yang dikira loooh sob, kita dikasih alatnya dan kita juga yang harus menyetel dan melakukan pengamatan di tempat tersebut. kita ambil pengamatan kuran lebih 20 menit dengan pengambilan data sebanyak 10 data,


Tapi hampir semua data/informasi sudah dapat dibaca pada indikator2 yang tertempel/terpasang di semua equipment pada semua unit yang ada di IP dan bisa juga langsung di baca di ruang kontrol .. capek si capek yaa tapi mau gmana lg yaa kan .. kalo bisa nelen pasir udah kita telen dah hahahaa
Banyak hal2 yang tidak terduga loh sob pada saat melakukan pengamatan di local, misalnya nih kawan kita si Ammar Abyan ini selalu saja melakukan hal2 konyol, doi sering tuh nembakin termometer lasernya ke arah pangkal paha, padahalkan termometer tsb memancarkan radiasi. hahaha yang lucunya lagi si Ammar ini teriak2 sambil menyebutkan panas yang terbaca di indikator termometer tsb ,, hahaha operator2 yang ada dilocal malah jadi menertawakan tingkah laku kita bertiga .. 



Besarnya keinginan kita untuk mendapatkan data dilocal tidak menyurutkan semangat walaupun terdapat gas H2S yang menyengat hidung, memang kadar gas tsb cukup tinggi, oleh sebab itu semua orang yang berada di local harus menggunakan masker dkk, kalo kita menghirup gas tsb terlalu bnanyak dan sering yaa lama2 bisa pusing bahkan bisa juga sampe pingsan loh sob, tidak hanyaa itu, ditambah lagi dengan suara bising yang ditimbulkan oleh pompa, kompresor dan turbin yang membuat kita tidak betah berlama2 di tempat ini, hadeh2 bawaannya mau keluarrrr !!!

biasanya setelah mendapatkan data2 yang diperlukan dilocal, kita semua langsung balik dah ke ruang para PKL berkumpul buat wolay2 ..
yaa abis itu yaa makan siang, terus lanjut lagi input data sama buat analisa,, terus kalo udah jam 3an bimbingan dah ke pembimbing lapangan kita. Selesai2 jam 4.30, yaa udah deh langsung cusssss kita semua ke kosan ,, kalo beruntung sih yaa biasanya dapet tumpangan mobil karyawan tapi kalo nggk yaa jalan lagi deh sejauh 2km .. nah gitu2 aja sih kegiatan kita setiap hari ..

hhe
ydh deh, cukup segini dulu ceritanyaa sob, next time kita 
sambung lagi pake tali okayyyy coy ,, 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar