Jumat, 06 September 2013

Edisi KP di PT. Indonesia Power UBP Kamojang

Kamojang, 2 September 2013

Kerja Praktek memang salah satu syarat mutlak bagi mahasiswa jurusan Teknik Mesin Universitas Trisakti yang ingin menyelesaikan studinya. keikutsertaan saya dalam melakukan Kerja Praktek di PT. Indonesia Power UBP Kamojang ini memang suatu hal yang sudah dipersiapkan sejak jauh jauh hari sebelum dimulai pada bulan september tahun 2013 ini, bersama dengan ketiga teman saya yaitu Dimas Arlingga dan Ammar Abyan, mereka memang teman seperjuangan saya dan meraka juga merupakan kawan-kawan yang selalu bersama-bersama dengan kami dalam kebersamaan ditengah berbagai perbedaan. hahahaaa 

bermula pada tgl 29 Agustus, kami baru saja menyelesaikan Program Penyambutan Mahasiswa Baru atau lebih disebut org dengan Ospek di Fakultas Teknologi Industri, Universitas Trisakti,. singkat cerita setelah kami pulang dari kampus, kami bergita segera packing barang untuk persiapan keesokan harinya. pagi-pagi sekali kami bertiga sudah bersiap untuk menempuh perjalanan ke Kapupaten Garut Jabar dgn menggunakan bis dari Lebak Bulus, kami bertiga terlelap dalam tidur, tanpa disadari sudah sampai saja di Terminal Guntur Garut Jabar, Awalnya memang kami tidak mengetahui kondisi dan lokasi kota ini, ditambah memang kita juga tidak tahu ingin bermalam dan beristirahat dimana? singkat kata akhirnya kita mencari penginapan, dan akhirnya kami mendapatkan penginapan dgn harga yang relatif murah untuk kalangan mahasiswa. 

tidak disangka tidak diduga, setelah kami bangun tidur di sore hari, kami baru mengetahui bahwa kami sudah disiapkan tempat tinggal yang berlokasi di daerah Kamojang Kec. Ibun Kab Bandung Jabar, akhirnya keesokan harinya kami bertiga segera melanjutkan perjalanan dgn menumpang taxi yang tersedia dilokasi penginapan. dgn menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam, akhirnya kami sampai dipenginapan, sungguh lingkungan yang berbeda  dgn apa yang kita rasakan, dgn suhu yang dingin sekali dan tekanan udara yang kurang, yang cukup membuat kondisi badan menjadi cepat sekali letih, semua itu merupah tantangan bagi kita bertiga untuk dapat bertahan di tempat yang cukup ekstrim.

singkat kata singkat cerita, tepat dihari senin tanggal 2 September 2013, merupakan hari pertama kita untuk memuali Kerja Praktek di PT. Indonesi Power UBP Kamojang.


Perlu diketahui di daerah Kamojang terdapat dua perusahaan besar, yaitu PT. Pertamina Geothermal yang merupakan anak perusahaan dari Pertamina yang khusus untuk menangani energi panas bumi dan perusahaan PT. Indonesia Power yang memang khusus untuk mengemabangkan energi panas bumi untuk diolah menjadi eumber energi listrik. dahulu PT. Indonesia Power bernama PT pembangkit jawa bali, namun nama'nya diubah menjadi PT. Indonesia Power.

yukk lanjut balik lagi ke topik kita, hari pertama merupakan hari yang wajib bagi seluruh mahasiswa yang mengikuti kerja praktek untuk menghadiri briefing mengenai K3, apa sih K3 itu? K3 itu merupakan keselamatan dan kesehatan kerja, hal ini wajib diketahui bagi seluruh perserta KP yang ada di PT IP ini.
kemudian setelah mengikuti briefing K3 kami langsung mengujungi runag kontrol unit pembangkit 1, 2 & 3. memang ruangan ini bertujuan untuk memonitoring dan mengawasi proses pengolahan panas bumi menjadi energi listrik. begitu banyak sekali instrumen dan kontrol kendali diruangan ini, sikap cekatan dan tidak panik memang harus ada pada setiap operator yang bertugas di ruangan ini, jika sedang terjadi trouble, mala sikap dan mental yang tenanglah yang harus dinomor satukan.

nah mungkin cukup sekian dulu cerita KP bagian 1, kita bersambung lagi di tulisan-tulisan KP bagian selanjutnya yaa ..

7 komentar:

  1. Kak saya mahasiswa tknik industri. Saya trtarik untuk mlakukan kp di indonesia power kamojang. Syarat buat kp dsana untuk thn 2014 apa aja yaa? apakah ipk mempengaruhi ditrimanya atau gk? dan nmor yg bisa dhubungi ada gk? trimakasih

    BalasHapus
  2. owh iyaa
    kmren sih kkak hubungi dulu humas PT. Indonesia Power nya dek
    terus dikasih tau prosedur2nya kalo mau KP disana
    terus kirim surat pengantar dari kampus, ngak sampe 2 minggu udah ada balasannya kok ..

    BalasHapus
  3. kak saya mau tanya u/ seputar kost2an gimana ya disana? karena saya juga ditempatkan di pge pertamina kamojang
    mungkin ada info cp kost2an, terutama buat cewe
    terimakasih

    BalasHapus
  4. @Elfira Niken :
    wah bagus tuh di terima di PGE,
    untuk CP pemilik kosannya sih kkak ndak punya dek,
    kmren sih kkak langsung dateng ke Kamojangnya dan disitu banyak bgt kos2an disepanjang jalan kecamaran Ibun (gak jauh dari PGE dan IP)
    kkak sarankan sih kalo lg musim2nya KP (Kerja Praktek) utk cepet2 booking kosan, karena takut keduluan sm mahasiwa lainnya
    mungkin infonya dpt membantu yaa dek.. ;-)

    BalasHapus
  5. Boleh di kasih tahu kendaraan umum yg bisa mengantarkan dr stasiun bandung ke kamojangnya kak?
    Mohon bantuannya :)

    BalasHapus
  6. Halo kak, mau tanya syarat kp disana apa saja? Saya udah coba telvon pihak pt indonesia powernya tp selalu dijawab tidak ada orang. Mohon bantuannya dengan sangat kak.

    BalasHapus
  7. mas, mau minta nomer telpon humas PT.Indonesia power dong
    Soalnya dihubungi trouble terus, saya dari kota Surabaya mas, rencana mau KP disana?

    Makasih

    BalasHapus