Jumat, 13 September 2013

Edisi KP di PT. Indonesia Power UBP Kamojang part 2

Kamojang, 6 September 2013

lanjut lagi yuk kita bahas KP kita 
hari selanjutnya kita  akan membahas apa sih water cooling tower itu, nah water cooling yang ada di PLTP Kamojang mengunakan sistem mechanical induced draught, udara berpindah karena adanya isapan karena kipas. Pada jenis ini udara masuk dari sisi menara melalui kisi-kisi yang cukup besar pada kecepatan rendah bergerak melalui fiber. Kipas dipasang di puncak menara dan melalui fan stack udara panas dan lembab dibuang ke udara bebas. Cooling tower PLTP Kamojang terdiri dari banyak cell yang terbuat dari kayu kering yang telah diawetkan dan sejumlah cerobong kipas di puncak menara dengan bentuk bundar. Untuk unit 1 terdiri dari 3 buah cerobong kipas dan untuk unit 2 & 3 terdiri dari 5 buah cerobong kipas.


Kipas-kipas digerakan oleh motor-motor listrik dengan putaran rendah. Putaran rendah ini dapat dicapai dengan penggunaan gigi reduksi. Kipas ini adalah jenis baling-baling yang dapat memindahkan laju aliran volumetrik yang besar pada tekanan statis rendah. 




Blade-nya dapat diatur jarak baginya dan sudutnya agar mengkonsumsi daya serendah mungkin. Kelemahannya ialah kebutuhan daya, biaya operasi dan pemeliharaan yang besar serta menimbulkan suara yang berisik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar